Dokumentasi Kegiatan

Jumat, 20 Mei 2011

PENANTIAN CINTA AISYAH

Oleh : Euis Asyiah, FKIP/Pend. Matematika Semester IV/D

Sore itu, Aisyah sedang duduk di teras rumahnya. Termenung seorang diri sambil menikmati suasana senja yang pada saat itu memang agak sedikit mendung. Dia selalu menganggap bahwa suasana hatinya akan terlukis jelas di kubah nan akbar itu. Saat dia menagis, menangislah sang hujan. Saat dia tersenyum, maka kubah nan akbar itu berbinar cerah. Saat hatinya ingin berteriak, guntur pun akan menggelegar. Saat ia bersedih, langit di malam hari akan tampak kelam tanpa hiasan bintang-bintang dan rembulan. Dan saat dia kasmaran, lembayung sore menghiasi langit dan tampak memerah malu. Lalu apa arti dari mendung yang dicipta kubah nan akbar di sore itu? Ternyata jiwa Aisyah terhempas sedih.
Termenung di sore hari adalah kegiatan rutinitasnya setiap hari, setelah menunaikan ibadah sholat ashar, dia langsung bergegas menuju tempat favoritnya itu.
Kali ini wajahnya agak sedikit murung, tatapannya kosong. Dalam lamunannya terekam kejadian satu tahun yang lalu, sebuah harapan yang tak terwujud dan ternyata sampai detik itu dia masih berharap masih ada kesempatan untuknya mewujudkan harapan itu.
BRUM…BRUM…BRUM…
Suara derum motor di halaman rumahnya tak dapat membuyarkan lamunannya. Aisyah masih tetap saja menatap langit yang tidak begitu indah itu yang mulai menurunkan ribuan titik-titik air yang lembut.
“Assalamualaikum…” ucap Hafidz setengah berlari untuk menghindari ribuan tetes air hujan. Aisyah masih melayang di dunia lamunannya. Hafidz menghela nafas karena salamnya tak ada yang menjawab. “Assalamualaikum, Aisyah” Hafidz mengulangi salamnya lebih keras dan lebih dekat. Aisyah terbangun dari lamunannya, degup jantungnya tak berirama, suara Hafidz membuatnya keget. “Wa’alaikum salam, Hafidz, ngagetin aja” ucap Aisyah. “Habis aku dicuekin sih, kayaknya langit itu benar-benar bisa menggantikan posisiku di hati kamu” canda Hafidz. “Ah… biasa aja”. “Kamu kenapa sih Syah, kok mukanya ditekuk begitu, ada masalah? Cerita dong sama aku!”. “Oh… enggak kok, aku cuma kecapean aja abis beres-beres rumah seharian” jawab Aisyah berusaha menutupi. “Oh… gitu. Kalau kamu punya masalah, kamu enggak usah sungkan-sungkan ya buat cerita ke aku. Walaupun mungkin aku enggak bisa ngasih solusi, ya mudah-mudahan aja dengan kamu bercerita bisa buat perasaan kamu jadi plong” hibur Hafidz. “Insya Allah” jawab Aisyah sambil tersenyum.



. . .
A : y wlopun mnurut km, d antra X-an cm Reno doank yg ckep. Tp klo mnrut q, km ttp yg palg ckep, appun yg trjadi, q akn ttp suka sm km. n km ttp da d hati q. ysterday, now, tmorrow, the day after tmorrow n 4ever… (cieh… lebay’y) …ha..ha..ha..
Canda Aisyah dalam pesan singkatnya untuk Reza lewat sms.
R : Msa sh? Mksud’y pa nh? Wah klo km yg ngmong gt bsa2 q lupa sm prinsip q ni. Hehe, lebay ni q jg.
Balas Reza.
A : Tjuan’y biar km lupa sm prinsip km, he..he..he.. y g lah, g da mksud apa2, biasa lebay2an. Tnang az Za, sdalam appun prasaan ne, stulus appun tu, q g kn tega hati mnodai prnsip km.
R : Emg km suka gt sm q? knp bs suka sm q? q kn cm mnusia biasa, ckep g, pnter jg g, kaya aplgi ga…
Ternyata Reza menganggap sms dari Aisyah itu bukan sebuah gurauan. Walaupun kenyataannya Aisyah memang sangat mencintai Reza.
A : Y g lah Za. Ich, apa2an sh, ko kya gt.
R : Apa2an gmn? Kya gt knp?
A : Ko km nnya gt? Trz pa mksud km blg km g pnter, km g kaya? Km fqr aq mncintai s2org krna kkayaan.
Balas Aisyah marah.
R : Y kn cm nnya aza, Syah! Mksud aq tu knp km bs suka sm aq! Aq kn cm org biasa az gt Syah. Td tuh cm contoh. Mf deh Syah, aq g mksud gt, maaaaf syah. Dmaafin g?
A : Emg aq blg suka sm km? ngga kn…
Aisyah menegaskan.
R : Ko gt sh? Maaf deh, mgqn kta2 q mnyinggung km, tp td km blg. Klo boleh ju2r sh, aq suka sm km! y prasaan yg skrg aq rsain gt.
A : Nah, klo ne bru q tnya sm km, knp km bs suka sm aq? Aq kn cm org biasa.
Aisyah mencoba mempertenang suasana dengan meniru sebagian kata-kata Reza.
R : Ye… tu sh balik nnya ! gni Syah, prasaan spt tu dtang’y tba2 qta g tw pa alsan’y ! ya aq jg g tw knp aq bs suka sm km ! tp emg sh km tu cantik, imut2, bae, y gt deh…
A : Mf y td q mlah kya yg mrah2 wktu km nnya gt, tp td q g blg lw q suka sm km. blg jg wktu lebay2-an gt. Nah, klo skrg q bru blg klo aq jg suka sm km.
R : G apa2 Syah, tp aq tw km jg suka sm aq, jd aq nnya gt deh! Tp maaf y, aq dh ngungkapn prasaan aq k km! Nah, skrg aq tnya knp km bs suka sm aq? Jgn sm loch jwaban’y!
A : Ko km bs tau lw aq suka sm km?
Aisyah langsung kaget, tak menghiraukan pertanyaan dari Reza.
R : Feeling az! Coz feeling aq biasa’y suka bner gt! Ko g d jwb sh td?
Reza menagih jawaban dari Aisyah.
A : (Mngalihkan prtanyaan)… jwaban’y g tw… y suka az gt… sush d ungkapkn dg kta2. Reza, pa aq slah dh suka sm km? lw emg ne slah, q bner2 mnta mf cz dh nympen prasaan ne bwat km.
R : Ngpain mnta mf, km g slah apa2, sbner’y mlah aq pngen hub qta lebih, Syah. Tp q g mw nlen ludah sndiri, y prinsip tu. Aq cm mw brhubungan pngen langsung nkah aza, pa km mw nkah sm aq ? J
A : Aq jg pngen’y lebih. Tp q g mw d blang lw q g mghargai prnsip org… knp g, aq justru brharap klo aq ne a/ bgian dr tulang rsuk km.
R : Bwat skrg sh Syah, aq g bs ngejanjiin apa2 mksud’y hub gt. Aplgi bwt nikah. Aq nkah klo dh pnya krjaan tetap, biar istri & anak2 aq nnti g trlantar.
A : Lgian aq jg lg malez pcaran. Aq mw nnya, tlong jwab dg ju2r. sbner’y km g suka kn sm aq? Aq g yqn km suka sm aq.
R : Aq suka sm km. gni az Syah, skrg km prcaya sm taqdir kn? Klo qta dtakdirkan brjodoh & qta mnikah, aq g kan nyesel bs brjodoh sm km.
Aisyah langsung menekan tombol “keluar” dari folder Berita Terkirim dan Menu Pesan. Air matanya seperti tak pernah habis setiap kali dia membaca pesan-pesan itu, pesan melalui sms dari Reza satu tahun yang lalu yang masih disimpannya. Bahkan pesan pertama dari Reza pun masih dia simpan.
Itulah harapan Aisyah satu tahun yang lalu yang belum terwujud karena tak pernah ada kepastian yaitu bisa hidup bahagia bersama Reza.
Sambil menunggu Hafidz yang masih di kelas. Aisyah berusaha menghapus air matanya untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin bakalan dilontarkan oleh kekasihnya itu.
“Assalamualaikum Syah, kamu udah lama ya nunggu aku? Maaf ya, tadi aku ada perlu sebentar sama Dosen”, sesal Hafidz, sambil terengah-engah karena berlari. “Wa’alaikum salam, enggak apa-apa kok” jawab Aisyah tenang.
“Syah, maaf banget, kayaknya aku gak bisa antar kamu pulang, tadi mamaku telepon, mama minta aku buat antar ke stasiun. Gak apa-apa kan Syah”. “Iya gak apa-apa, udah cepet pulang sana, nanti mama kamu telat lagi”, “bener nih gak apa-apa, aku gak enak nih sama kamu, kamu tadi kan udah nunggu lama. Gak apa-apa yah pulang sendiri? Apa mau aku antar kamu dulu ke depan?” tawar Hafidz. “Gak apa-apa nanti aku bareng Linda aja pulangnya”. “Ya udah, aku duluannya ya, kamu hati-hati di jalan, salam sama Ummi. Assalamualaikum…” Hafidz langsung buru-buru ke tempat parkir. “Wa’alaikum salam” jawab Aisyah pelan.
Kali ini Aisyah berbohong, rupanya dia tidak pulang bersama Linda. Dia kembali duduk di bangku taman, seorang diri, tidak lain hanya untuk memandangi sang kubah nan akbar. Semilir angin di siang itu menerpa jilbabnya, kesejukannya membuat Aisyah semakin larut dalam lamunannya. Ya, semenjak Reza menghilang tak ada kabar, Aisyah sering terlihat melamun dan lebih memilih untuk mengasingkan diri.
“Aku merasa hari-hariku tak lengkap tanpa melihatmu. Dulu aku slalu semangat untuk berangkat ke kampus karena ku yakin aku dapat melihat senyumanmu, walaupun kita tidak pernah ngobrol secara langsung, tapi aku merasa sempurna saat itu. Kini kampus bagiku tak seindah dulu yang penuh warna karena senyumanmu. Sekarang tanpa senyumanmu, kampus ini tidak jauh berbeda dengan televisi hitam-putih.
Aku sangat merindukanmu Reza, kenapa kamu menghilang begitu saja. Pesan-pesan sms antara kita berdua masih aku simpan sampai saat ini. Aku berharap kamu berada di sampingku sekarang dan memberikan kepastian atas perasaan kita berdua”. Kesedihannya hanya bisa tercurahkan dalam hati. Aisyah sudah tak dapat membendung air matanya.
“Kamu tidak pernah berubah Syah, masih senang memandang langit. Apa kamu sudah benar-benar mencintai sahabatmu si kubah nan akbar itu”. Suara itu datang dari belakangnya. Aisyah langsung berdiri, kaget, tidak percaya, sosok Reza yang sangat ia rindukan berada di hadapannya. Dia tidak dapat berkata apa-apa lagi, senyuman Reza membuat lidahnya kaku.
“Assalamualaikum Aisyah. Hey, biasa aja sih enggak usah melotot kayak gitu, kayak lihat hantu aja” canda Reza. “Wa’alaikum salam, Reza, kok kamu ada disini? Kamu kemana aja?” ucap Aisyah sedikit tak percaya, “maaf ya, aku gak ngasih kabar, aku cuti kuliah dulu. Nah, tadi aku habis dari Fakultas, dan mulai besok aku sudah mulai kuliah lagi” jelasnya.
Sambil duduk, mereka bercengkrama. Ini adalah kali pertamanya mereka ngobrol secara langsung. “kenapa kamu tega menyiksa aku, Za? Hati ini sakit karena kamu tidak memberikan kepastian kepadaku. Aku masih sangat mencintai kamu”. Reza menjawab dengan tenang “Syah, kamu enggak seharusnya bicara seperti itu, ingat Hafidz sudah mengkhitbah kamu”, “tapi aku enggak cinta sama Hafidz” sela Aisyah.
Reza melanjutkan “Syah, aku minta maaf karena aku belum memberikan kepastian atas perasaan kita. Aku minta maaf karena enggak ngasih kabar ke kamu. Sungguh, aku berharap bisa menjadi imam kamu”, “lalu kenapa kamu tidak mengkhitbah aku?” Aisyah memotong. “aku enggak berani mengkhitbah kamu dan juga perempuan yang lain. Seperti yang pernah aku bilang dulu. Aku akan menikah jika sudah mempunyai pekerjaan tetap, agar anak-anak dan istriku tidak terlantar. Dan sampai saat ini aku masih belum mendapatkan pekerjaan tetap. Aku masih honorer, gajinya ga seberapa. Aku yakin Hafidz akan menjadi imam yang baik buat kamu. Dia sangat mencintai kamu. Buktinya dia menerima persyaratan kamu untuk menjalin hubungan pacaran sesuai syariat islam. Hafidz sudah mengkhitbah kamu, dan kamu sudah menerimanya”. Jelas Reza panjang lebar.
Dengan bercucuran air mata, Aisyah berusaha menenangkan diri “lalu, dari mana kamu tahu semua itu?”, “walaupun aku jauh, aku selalu mengintai berita tentang kamu” jawab Reza. “kamu benar-benar jahat Za”, “maafin aku Syah, seperti yang aku jelasin tadi, aku belum berani mengkhitbah kamu. Aku rasa mungkin Allah akan lebih merestui kita sebagai sahabat. Kamu mau kan jadi sahabat aku?”
Aisyah menjawab “Baiklah, kalau kamu memang ingin seperti itu, dan kalau Allah lebih meridhoi aku menjadi sahabatmu, aku terima dengan ikhlas. Tapi kamu mau kan menghapus air mataku dengan tanganmu?”, “sebagai sahabat?” Tanya Reza yang mulai berkaca-kaca. Aisyah hanya dapat mengangguk tak dapat berkata apa-apa, keduanya menangis penuh haru. Entah apa yang Aisyah rasakan, mungkin sedih bercampur bahagia tepatnya. Sedih karena keinginannya tak dapat terwujud dan senang karena sosok lelaki yang dia cintai tetap dapat ia miliki walaupun hanya sebagai sahabat. Tapi itu yang terbaik.
Sepertinya, kesejukan yang dicipta angin dan cerahnya sang kubah nan akbar hari itu memang benar-benar merupakan proyeksi dari perasaan yang dirasakan oleh Aisyah saat itu.







-S e k i a n-

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates